escape from alcatraz

Sinopsis Film Escape from Alcatraz dengan Sutradara Populer Don Siegel

0 Comments

Film Escape from Alcatraz adalah salah satu karya legendaris dalam dunia perfilman yang menggambarkan kisah nyata tentang keberanian dan tekad untuk membebaskan diri dari penjara terkejam di Amerika Serikat, Penjara Alcatraz.

Film Escape from Alcatraz yang dirilis pada tahun 1979 disutradarai oleh Don Siegel dan dibintangi oleh ikon Hollywood, Clint Eastwood dalam peran utama. Kisah ini diambil dari buku berjudul sama karya J. Campbell Bruce yang diterbitkan pada tahun 1963.

Film Escape from Alcatraz ini berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus dan penonton, dengan skor 96 persen di Rotten Tomatoes dan 7,6/10 di IMDb. Ini adalah adaptasi yang mengesankan dari kisah nyata yang membuat penonton merinding.

Sinopsis

Penjara Alcatraz terletak di tengah laut lepas di dekat San Francisco, lokasinya saja sudah cukup sulit untuk dijangkau, apalagi untuk melarikan diri. Selama hampir tiga puluh tahun, tidak seorang pun narapidana yang berhasil melarikan diri dari penjara ini.

Itulah sebabnya Penjara Alcatraz dikenal sebagai “The Rock,” karena hampir mustahil untuk meloloskan diri dari sana. Namun, ada satu narapidana yang mencoba, dan inilah inti dari cerita Escape from Alcatraz.

Frank Morris yang diperankan oleh Clint Eastwood adalah seorang tahanan dengan latar belakang perampokan bank yang dikirim ke Alcatraz. Sejak tiba di sana, ia menyaksikan perlakuan yang tidak manusiawi yang diberikan oleh para sipir kepada narapidana.

Kisah Nyata

Terinspirasi oleh kondisi yang mengerikan di dalam penjara ini, Frank Morris menciptakan rencana luar biasa untuk melarikan diri dari Alcatraz.

Frank Morris tidak melakukannya sendirian. Ia mengajak dua narapidana lainnya, yang diperankan oleh Jack Thibeau dan Fred Ward, untuk bergabung dalam rencana mereka yang penuh dengan detail.

Mereka merencanakan setiap langkah dengan cermat, termasuk cara mereka akan mengatasi benteng pertahanan Alcatraz yang kuat. Ketegangan dalam film ini semakin terasa ketika mereka mulai melaksanakan rencana mereka.

Bagaimana mereka berhasil mengatasi rintangan yang ada, bergerak diam-diam di antara para sipir yang tegas, dan akhirnya mencapai tujuan mereka yang luar biasa, adalah hal yang harus Anda saksikan.

Film Escape from Alcatraz bukan hanya tentang usaha melarikan diri yang epik, tetapi juga tentang tekad dan keinginan manusia untuk memperjuangkan kebebasan.

Film ini menggambarkan cerita yang menginspirasi dan memukau tentang tindakan keberanian dalam menghadapi kondisi yang mustahil. Escape from Alcatraz adalah film thriller karya sutradara Don Siegel yang dirilis pada 22 Juni 1979.

Para Pemeran

Film ini dibintangi oleh Clint Eastwood, Patrick McGoohan, Roberts Blossom, Jack Thibeau, Fred Ward, Paul Benjamin, dan Larry Hankin. Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata di Pulau Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat ini adaptasi dari buku berjudul sama karya J. Campbell Bruce (1963).

Skor Escape from Alcatraz di Rotten Tomatoes mencapai 96 persen, dengan versi penonton 85 persen. Sementara IMDb memberi skor 7,6/10 dari total 118.615 penilai. Escape from Alcatraz terinspirasi dari kisah nyata para narapidana yang ditahan di penjara Pulau Alcatraz.

Sebagaimana diketahui, Penjara Alcatraz merupakan salah satu penjara di Amerika Serikat dengan tingkat keamanan tinggi. Lokasinya di tengah laut lepas juga menyulitkan para tahanan yang berusaha kabur.

Baca Juga : Rekomendasi Film Anak-anak Terbaik, Bisa Jadi Tontonan yang Seru dan Edukatifa

Bahkan selama 29 tahun, tidak ada satu pun narapidana yang berhasil lolos dari penjara ini. Salah satu narapidana adalah Frank Morris (Clint Eastwood) yang dipenjara karena kasus perampokan bank. Selama menjalani masa tahanan di Penjara Alcatraz, ia tahu para sipir memperlakukan narapidana dengan tidak manusiawi. Melihat kondisi itu, ia mengajak dua rekannya untuk kabur dari Alcatraz.

Rencana ini hampir mustahil dilakukan tetapi mereka tidak putus asa. Mereka merencanakan dengan detail apa yang harus dilakukan untuk menebus benteng pertahanan Alcatraz. Apakah mereka berhasil lolos dan menyeberangi laut lepas?

Related Posts